Berbagai Pengetahuan Tentang Pintu Kusen

Pintu Kusen Jati Model Ukiran Gebyok

Pintu Kusen Jati Model Ukiran Gebyok

Pada sebuah bangunan, pasti ada bagian yang dinamakan sebagai kusen pintu. Bagian yang satu ini biasanya berupa rangka dengan bahan yang sangat kuat dan menempel pada bagian bangunan untuk sarana duduknya daun pintu. Dengan adanya kusen pintu, daun pintu akan lebih awet dan tahan lama.

Kusen pintu pada awalnya hanya terbuat dari kayu biasa, akan tetapi kini bahkan ada banyak sekali jenis kusen pintu dengan beragam material berbeda. Jenis-jenis bahan pembuatan kusen pintu tersebut memiliki kelebihan sendiri-sendiri dan bisa dibeli sesuai dengan kebutuhan.

Bentuk Dan Fungsi Dari Kusen Pintu

Kusen pintu memiliki bentuk menyerupai daun pintu namun menempel pada lubang pintu di setiap bangunan. Jenis kusen pintu rata-rata berbentuk kotak dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan daun pintu. Dengan begitu, ketika pintu digunakan untuk menutup ruangan, daun pintu akan menutup rapat dan terhubung langsung dengan kusen pintu.

Ada banyak sekali fungsi dari kusen pintu yang perlu kamu ketahui. Berikut ini diantaranya:

  1. Sebagai dudukan daun pintu

Fungsi pertama dari kusen pintu yaitu sebagai tempat untuk meletakkan dudukan daun pintu. Kusen pintu dipasang pada lubang pintu yang nantinya ditutup dengan daun pintu, sehingga adanya kusen mempermudah proses menutup lubang pintu nantinya.

  1. Merapatkan lubang pintu

Fungsi lain dari kusen pintu yaitu untuk merapatkan lubang pintu. Biasanya bahan pembuatan daun pintu bisa memuai dan menyusut, sehingga akan jelek bentuknya jika dipasang langsung ke dinding. Sehingga peletakan daun pintu akan lebih nyaman jika dilakukan pada kusen.

  1. Sarana mengunci pintu

Fungsi lain dari kusen pintu yaitu sebagai sarana untuk mengunci pintu yang ada di ruangan tersebut. Pada bagian kusen sering dipasang pengait kunci yang bisa digunakan untuk menutup pintu secara sepihak dan tak bisa dibuka dari sisi yang lain. Sehingga adanya kusen pintu berkontribusi terhadap keamanan pemilik ruangan.

  1. Pemisah ruangan

Selanjutnya, fungsi lain dari kusen pintu yaitu sebagai pemisah antar satu ruangan dengan ruangan lainnya. Dengan adanya kusen, bagian dalam ruangan bisa terpisah dengan ruangan lain yang ada di luarnya.

Itulah berbagai fungsi dari adanya kusen pintu yang perlu kamu ketahui. Lalu apa saja jenis bahan pembuatan kusen pintu yang perlu diketahui?

Jenis-Jenis Bahan Pembuatan Kusen Pintu

Kusen pintu tak hanya terbuat dari kayu. Ada berbagai jenis bahan pembuatan kusen pintu lain yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kusen untuk daun pintu. Lalu apa saja jenis bahan pembuatan kusen pintu yang perlu kamu tahu?

  1. Kusen Kayu

Kusen kayu adalah jenis kusen yang biasanya terbuat dari bahan kayu. Kusen jenis ini biasanya bisa dibuat oleh tukang pengrajin kayu, yang dibentuk sedemikian rupa agar senantiasa kokoh dan tahan lama. Kelebihan dari jenis kusen kayu yaitu memiliki tampilan yang begitu elegan dan tidak menimbulkan berisik ketika pintu ditutup.

  1. Kusen Aluminium

Jenis lain dari kusen pintu yaitu kusen aluminium, yang terbuat dari bahan aluminium. Biasaya kusen yang satu ini bisa diberi aplikasi pewarnaan yang sangat beragam. Kelebihan dari jenis kusen ini yaitu sangat awet dan tahan terhadap serangan rayap.

  1. Kusen uPVC

Selanjutnya, ada kusen pintu yang terbuat dari bahan Poly Vinyl Chloride atau yang sering disebut sebagai kusen uPVC. Jenis kusen yang satu ini cenderung sangat awet dan begitu mudah dirawat serta tahan terhadap suhu tinggi.

Itulah beragam jenis kusen beserta bahan pembuatannya yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat!